/ , / Penyakit Kutil Kelamin dan Penyebabnya

Penyakit Kutil Kelamin dan Penyebabnya

Penyakit Kutil Kelamin dan Penyebabnya - Penyakit kutil adalah penyakit yang sudah sangat diakrabi banyak orang. Penyakit yang berupa benjolan kecil yang tumbuh di kulit ini biasanya terjadi karena kurangnya kebersihan tubuh. Kutil dapat tumbuh di berbagai area di tubuh manusia, namun salah satu yang cukup meresahkan adalah kutil yang tumbuh di alat kelamin yang mempunyai nama latin condilloma atau genital warts. Kutil kelamin adalah penyakit kelamin yang dapat dialami siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. 

Sifatnya yang mudah menular membuatnya cukup meresahkan. Namun, sebenarnya kutil kelamin ini adalah penyakit yang jinak dan dapat dicegah dengan obat kutil kelamin. Meskipun terkesan jinak dan mudah diobati, terdapat resiko yang lebih besar jika terjadi pembiaran pada penyakit ini. Kutil kelamin bisa saja tumbuh menjadi seperti kembang kol atau bahkan seperti jengger ayam. Kutil di kelamin ini dapat menjadi sangat mengganggu dan bahkan dapat menjadi beban psikologis bagi penderitanya. Penyebab dari penyakit kutil kelamin ini adalah virus bernama Human Papiloma Virus atau bisa disingkat menjadi HPV. Virus HPV ini menginfeksi lapisan permukaan kulit. 

Terdapat lebih dari 100 jenis virus HPV tapi sebenarnya hanya sebagian kecil yang menyebabkan penyakit kutil kelamin ini. Terjadinya penularan kutil kelamin ini dikarenakan kontak seksual dengan yang telah terinfeksi. Penyakit ini muncul dalam durasi setelah tiga bulan hingga beberapa tahun setelah melakukan kontak seksual. Kutil kelamin dapat dengan mudah menular pada orang orang yang melakukan kontak seksual dengan banyak pasangan tanpa pengaman, atau memiliki pasangan yang ternyata sudah terinfeksi. Pencegahan yang paling baik adalah tidak melakukan hubungan seksual dengan yang terinfeksi, atau jika memang harus melakukannya, pemakaian kondom dapat membantu pencegahan ini. Untuk pengobatan, penyakit ini dapat disembuhkan berbagai ahli pengobatan penyakit kelamin baik yang dalam lingkup medis maupun alternatif. 

Kutil kelamin atau lebih dikenal dengan penyakit jengger ayam adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Kutil kelamin berbentuk datar atau menonjol dengan tangkai (pedunkulata) seperti kembang kol, biasanya tumbuh pada alat kelamin dan daerah sekitar dubur. Gejala Kutil kelamin muncul sekitar 2-4 minggu setelah infeksi, tetapi seringkali perlu beberapa bulan sampai terlihat nyata. Kutil biasanya tidak menyakitkan, tetapi dapat menyebabkan gatal-gatal. Penampilan kutil bervariasi, dari benar-benar datar sampai kasar seperti kembang kol. Kutil bisa begitu datar sehingga tidak terlihat dengan mata telanjang, tetapi dapat menyebabkan nyeri dan gatal. Mereka dapat muncul secara sendiri-sendiri atau berkelompok. 

Pada pria, kutil kelamin biasanya muncul di penis atau di bawah kulup. Kutil kelamin juga dapat muncul di dalam uretra, biasanya hanya pada meatus uretra (pembukaan uretra di kepala penis). Pada wanita, kutil kelamin terlihat pada vagina, labia atau uretra. Baik pada pria maupun wanita, kutil dapat muncul pada rektum dan daerah sekitarnya. Kutil kelamin ditularkan terutama melalui hubungan seksual. Dalam kasus yang jarang, penularan dapat terjadi secara tidak langsung setelah menggunakan handuk yang terkontaminasi, bisa juga melalui WC umum. Bayi juga dapat terinfeksi selama proses kelahiran. 

about author

Blogger Sens it website about blogger templates and blogger widgets you can find us on social media
Previous Post :Go to tne previous Post
Next Post:Go to tne Next Post